Wednesday 11 January 2012

Nutrisi Ibu Hamil

Kehamilan adalah suatu hal dalam kehidupan yang dapat membuat keluarga bahagia. Pada kehamilan terjadi perubahan fisik dan mental yang bersifat alami. Para calon ibu harus sehat dan mempunyai gizi cukup (berta badan normal) sebelum hamil dan setelah hamil. Harus mempunyai kebiasaan makan yang teratur dan bergizi, berolahraga teratur dan tidak merokok. Jika ibu tidak mendapatkan gizi yang cukup selama kehamilan, maka bayi yang dikandungnya akan menderita kekurangan gizi.

Nutrisi Bagi Ibu Hamil 

Gizi yang baik selama kehamilan akan membantu ibu dan bayi untuk tetap sehat. Kebutuhan akan nutrisi tertentu seperti kalsium, zat besi dan asam folat meningkat pada masa kehamilan ini, namun hanya perlu sedikit tambahan energi. Wanita harus didorong untuk makan makanan yang bergizi dan mengontrol berat badan selama masa kehamilan. Pertambahan berat badan yang normal adalah sekitar 10-13 kg untuk wanita yang sebelum kehamilan memiliki berat badan ideal.
Seiring pertambahan usia kandungan, makanan ibu hamil harus sesuai dengan kebutuhan yaitu makanan yang seimbang dengan perkembangan masa kehamilan. Ibu hamil sebaiknya juga menerapkan menu empat sehat lima sempurna. Triwulan I, pertumbuhan janin masih lambat sehingga kebutuhan gizi untuk pertumbuhan janin belum begitu besar, tetapi setelah memasuki kehamilan trimester kedua. kebutuhan gizi ibu hamil akan meningkat,  Sebab pada saat itu, pertumbuhan janin berlangsung pesat - terutama perkembangan otak dan susunan syaraf -- dan membutuhkan asupan gizi yang optimal. Kebutuhan kalori wanita normal sekitar 2200 kkal, kebutuhan kalori ibu hamil ditambah 300 kalori sehinnga menjadi sekitar 2500 kkal.

Nutrisi yang diperlukan adalah:

  1. Karbohidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga untuk menghasilkan kalori dapat diperoleh dari serealia, umbi-umbian.
  2. Protein sebagai sumber zat pembangun dapat diperoleh dari daging, ikan, telur dan kacang-kacangan.
  3. Mineral sebagai zat pengatur dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur - sayuran.
  4. Vitamin B kompleks berguna untuk menjaga sistem saraf, otot dan jantung agar berfungsi secara normal. Dapat dijumpai pada serealia, biji - bijian, kacang- kacangan, sayuran hijau, ragi, telur dan produk susu.
  5. Vitamin D berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi Anda. Sumbernya terdapat pada minyak hati ikan, kuning telur dan susu.
  6. Vitamin E berguna bagi pembentukan sel darah merah yang sehat. Makanlah lembaga biji-bijian terutama gandum, kacang-kacangan, minyak sayur dan sayuran hijau.
  7. Asam folat berguna untuk perkembangan sistem saraf dan sel darah, banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kembang kol dan brokoli. Pada buah-buahan, asam folat terdapat dalam jeruk, pisang, wortel dan tomat. Kebutuhan asam folat selama hamil adalah 800 mcg per hari, terutama pada 12 minggu pertama kehamilan. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan otak, sampai cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak janin.
  8. Zat besi yang dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari anemia, banyak terdapat pada sayuran hijau (seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya), daging dan hati.
9.            Kalsium, diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi     janin, serta melindungi ibu hamil dari osteoporosis Jika     kebutuhan kalsium ibu hamil tidak tercukupi, maka     kekurangan kalsium akan diambil dari tulang ibu.     Sumber kalsium yang lain adalah sayuran hijau dan     kacang-kacangan. Saat ini kalsium paling baik     diperoleh dari susu serta produk olahannya. Susu juga     mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, D, B2,     B3, dan vitamin C.
Di dalam kandungan, pada usia 17 hari kehamilan sel-sel otak janin sudah mulai terbentuk dan berkembang. Di sinilah pentingnya peranan folat sebagai awal pembentukan tabung otak dan sum-sum tulang belakang. Selain folat, ada banyak kandungan nutrisi yang diperlukan saat perkembangan otak janin. Nutrisi ini penting saat kehamilan karena perkembangan otak bayi mengalami percepatan di saat trimester ke-3 hingga usia 30 bulan.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Pemilihan makanan yang sangat bervariasi merupakan hal penting untuk memenuhi kebutuhan gizi baik untuk ibu hamil maupun bagi bayi yang sedang dikandung.  Cobalah untuk mengkonsumsi:
·         Sayur-sayuran dan buah-buahan, roti dari gandum utuh, cereal dalam jumlah besar
·         Produk susu rendah lemak dan daging tanpa lemak dalam jumlah sedang
·         Makanan tinggi lemak, gula dan garam dalam jumlah kecil
·         Daging tanpa lemak, ayam dan ikan
·         Kacang yang dikeringkan
·         Kacang-kacangan dan biji-bijian
·         Susu rendah lemak, keju dan yogurt
·         Sayur-sayuran berdaun hijau
·         Suplemen asam folat 
Manfaat Nutrisi
·         Menjaga kesehatan ibu dan bayi
·         Mengoptimalkan tumbuk kembang janin dalam kandungan
·         Menghindari bayi lahir premature
·         Mempercepat pertumbuhan luka pasca persalinan
·         Mencegah kecacatan janin

Hal-hal yang Patut Diingat
a.       Seorang wanita hamil harus meningkatkan kualitas asupan gizi daripada kuantitasnya.
b.      Kehamilan menyebabkan terjadinya peningkatan kebutuhan akan zat-zat gizi tertentu seperti zat besi, kalsium dan asam folat.
c.       Higienis makanan sangat penting diperhatikan selama kehamilan
Mual dan muntah, khususnya mual di pagi merupakan hal yang umum terjadi selama kehamilan khususnya di trimester pertama. Untuk meringankannya, anda dapat mengkonsumsi makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat (seperti roti atau buah-buahan) setiap dua atau tiga jam.  

Beberapa saran berikut ini mungkin dapat membantu:
a.       Makan roti kering, biskuit atau cereal sebelum bangun tidur di pagi hari.
b.      Bangunlah secara perlahan-lahan, hindari gerakan yang dilakukan secara tiba-tiba.
c.       Minumlah antara waktu makan, bukan diselingi saat makan, untuk menghindari perut kembung yang bisa membuat muntah.
d.      Hindari makan dalam jumlah besar, makanan berminyak dan berbumbu tajam
e.       Mencium sesuatu yang beraroma segar seperti jeruk
f.       Bersantai,  beristirahat dan hiruplah udara segar sebanyak mungkin. Ventilasi kamar harus baik dan bebas dari bau.
g.      Cobalah makanan dan minuman yang mengandung jahe yang dapat mengurangi rasa mual. 




Dimana Anda Dapat Memperoleh Bantuan
·         Dokter
·         Bidan
·         Dokter kandungan
·         Ahli gizi 
Sumber :
     
Paath, Erna Francin dkk. 2005. Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Jakarta EGC
Arisman. 2007. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta : EGC
http://id.shvoong.com/tags/nutrisi-untuk-ibu-sedang-hamil/

No comments:

Post a Comment