Friday 7 October 2011

Konsumsi Kafein saat Hamil


Pendapat tentang apakah boleh minum minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi selama kehamilan masih bertentangan. Satu pihak menyatakan anda tetap dapat menikmati minuman kafein anda selama anda hamil selama anda tidak menkonsumsi berlebihan.
Dan ada beberapa penelitian menemukan bahawa wanita yang mengkonsumsi 300 mg kafein atau lebih dalam sehari, mempunyai resiko tinggi untuk mengalami keguguran. Dan konsumsi kafein yang tinggi akan meningkatkan kemungkinan ibu melahirkan bayi premature atau bayi dengan berat badan lahir rendah(BBLR).
             Walaupun penelitian tentang minuman kafein ini belum mencapai titik kesimpulan untuk batasan berapa banyak yang dapat dikonsumsi, adalah lebih baik bagi ibu hamil untuk mengurangi konsumsi yang mengandung kafein(kopi, teh, soda, coklat atau kombinasinya) sampai 2 gelas sehari saja atau lebih baik menghindariminumanyangmengandungkafeini.
            Hal yang pasti mengapa sebaiknya anda menghindari minuman yang mengandung kafein ini selama kehamilan anda,karena:
• Kafein akan meningkatkan detak jantung dan metabolisme
•Menyebabkansulittidur,
•Perasaancemas,
•Sakitkepala.
• Merangsang cairan dalam lambung yang menimbulkan rasa panas atau perih  (heartburn), Kafein bersifat diuretic sehingga anda akan lebih sering buang air kecil.
•Kafeinmenyebabkanandakehilangankalsium.
• Dan satu hal terpenting mengapa anda sebaiknya menghindari atau mengurangi teh/ kopi anda, karena kafein mereka mengandung phenol yang menyebabkan tubuh sulit untuk menyerap zat besi. Padahal kita tahu zat besi dibutuhkan tubuh anda apalagi selama kehamilan ini.Jadi dari semua hal diatas kita dapat menilai bahwa tidak ada nilai nutrisi yang diberikan dari kafein ini buat kehamilan anda ,bukan???
Makanan dan minuman apa saja yang mengandung kafein?
Kafein terdapat di kopi, teh, cola, coklat, minuman soft drink, juga terdapat pada beberapa obat-obatan untuk sakitkepala, flu, alergi. Tentu saja jumlah kandugan kafein dalam kopi dan teh bervariasi luas, tergantung dari apakah bentuk instant, seduh,yang.menmiliki

            Setelah kita mempeajari bahwa tidak ada nilai nutrisi yang diberikan makanan atau minuman yang mengandung kafein ini yang terbaik adalah anda menganti semua keinginan untuk minum kopi atau teh anda ke makanan dan minuman lain yang memang mempunyai nilai nutrisi buat anda dan bayi anda. Seperti merubah kebiasaan anda ke minuman yang bernutrisi seperti jus buah, air putih dan susu.

          Tentang Kandungan kafein di kopi dan kontradiksi efeknya?

              Dalam sebuah sumber disebutkan bahwa kadar kafein dalam kopi Robusta adalah 2,8 - 4,0%. Sedangkan pada kopi Arabika adalah 1,0 - 1,7%. Persennya kafein ini dilihat dari tiap satuan biji kopi atau kopi yang telah diseduh, atau misalnyaper100gram?.Banyak sekali data yang kontradiksi seperti berikut :
Menurut tim peneliti dari John Hopkins University, Baltimore, minum kopi lebih dari 6 cangkir per hari dapat menigkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliseridadalamtubuh. Sedangkan menurut Framingham Heart Study terhadap 6000 pria dan wanita, juga menurut Dr. Walter Willet dari Harvard School, tak ada kaitan yang konsisten mengenai asupan kafein dengan kolesterol, serangan jantung danstroke.Juga disebutkan bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh termasuk pembakaran kalori dan lemak.

Meskipun ada bukti yang menunjukkan bahwa membangun tenaga dengan kafein bukanlah ide yang baik ketika anda hamil, tetapi sepertinya minum sedikit kopi tidaklah menimbulkan masalah. Kafein (yang ditemukan didalam kopi, teh, dan beberapa minuman ringan) memeng memasuki plasenta dan memasuki peredaran darah janin, tetapi masih belum jelas sejauh mana dan apa efeknya pada janin. Kajian terbaru manunjukkan bahwa ibu yang minum dua atau bahkan tiga cangkir kopi sehari tidak menempatkan bayinya dalam risiko. Tetapi, angka keguguran agak meningkat pada ibu yang minum lima sampai enam cangkir kopi sehari.

            Sudah semakin banyak kajian yang dilakukan tentang efek kafein pada janin. Sampai didapatkan kajian-kajian ini, sebaiknyaa anda bertindak aman dengan menghindari dengan menghindari kopi selama hamil atau membatasinya tidak lebih dari dua cangkir sehari. Dalam menghitung asupan anda, perlu diingat bahwa tidak hanya terdapat didalam kopi tetapi kafein juga terdapat dapat didalam minuman ringan yang “telah dihilangkan kafeinnya”, yogurt kopi, teh dan coklat (meskipun kadarnya berbeda-beda). Dan juga harus tahu bahwa kopi ‘tubruk’ hitam yang dijual di kafe-kafe mengandung lebih banyak kafei daripada yang dibuat di rumah, demikian juga kopi instant mengandung lebih sedikit kafein dari pada kopi ‘tubruk’.

            Berikut ini adalah beberapa alasan lain untuk mempertimbangkan penghentian atau pengurangan kopi selama hamil. Pertama, kafein memiliki efek diuretic, menarik keluar cairan dan kalsium dari tubuh yang man keduanya sangat penting bagi kesehatan anda dan janin anda. Jika anda punya masalah erring buang air kecilposokan kafein akan memperparah keadaan. Kedua, kopi dan teh jika diminum bersama susu dan gula, akan membuat kenyang tanpa pasokan nutrisi dan dapat merusak selera makan untuk makanan yang bergizi yang sebenarnya anda perlukan. Contohnya, kola dan minuman mengandung kafein lainnya bukan hanya mengenyangkan tetapi juga mengandung bahan kimia tambahan yang diragukan keamanannya, serta sejumlah besar gula atau pemanis buatan yang tidak diperlukan.Ketiga, kafein dapat memperparah perubahan suasana hati yang biasa terjadi pada kehamilan, juga menghalangi anda dari mendapatkanistirahat yang cukup,  terutama jika anda meminumnya lewat tenngah hari. Akhirnya, kafeindapat mengganggu penyerapan zat besi yang anda dan janin anda butuhkan.

 Beberapa cara mengentikan atau mengurangi kebiasaan kafein yaitu,langkah pertama , temukan motivasi anda, ini akan mudah jika anda hamil,anda ingin berhenti menggunakan kafein untuk memberi awal hidup yang sesehat mungkin. Selanjutnya, tentukan mengapa anda menggunakan kafein, dan minumn mana yang dapat anda jadikan pengganti untuk memenuhi kebutuhan anda ini. Jika yang menarik anda adalah rasa kopi atau teh, atau kenyamanan dariminuman hangat, mungkin anda dapat beralih keminuman yang dihilangkan kafeinnya(yang hanya mengandung sedikit kafein),tetapi anda jangan menyingkirkan susu, air jeruk atau minuman bergizi lainnya yang anda perlukan. Jika anda minum kafein sebagian dari ritual harian (penghangat pagi sambil membaca koran, atau ambil menonton telivisi),maka penggantian kekopi atau teh yang telah dihilangkan kafeinnya biasanya akan berhasil.

Jika minuman kola karena rasanya, anda dapat menggantinya dengan minuman ringan yang tidak mengandukafein, tetpi perlu diingat bahwa minumam ringan ini tidak memiliki tempat yang teratur dalam diet kehamilan. Sebaiknya cobalah sari buah yang tidak diberi pemanis buatan,selain sari jeruk dan sari apel yang paling popular, dapat juga dengan berri, cherri, kranberri, mangga,pepaya markisa dan berbagai kombinasiya, beberapa kombinasi buah-buahan adalah jus apel yang menawarkan nutrisi minimal, coba anda baca label nutrisinya kemudian carilah yang banyak mengandung vitamin C,A,Kalsium, dan zat besi. Jika memang yang anda inginkan kesegaran, anda dapat menikmati jus dan air putih sebagai pengganti kola.

Jika yang anda inginkan dari kafein adalah pendorong semangatnya, anda akan mendapat dorongan semangat yang lebih alami dan tahan lama dari olahraga dan makanan yang baik, terutama karbohidrat dan protein, atau dari melakukan sesuatu yang membuat penyemangat anda, misalnya menari,berenang atau melakukan suatu hal yang anda sukai. Meskipun anda akan mengalami kemunduran selama beberapa hari karena menghentikan penggunaan kafein, tetapi anda akan merasa lebih baik dari pada sebelunnya(saat anda mengkonsumsi kafein secara terus-menerus).

Mengurangi gejala putus kafein

Seperti yang telah disadari oleh setiap pengguna kafein bicara soal menghentikan dan melakukannya adalah dua hal yang.. Kafein bersifat adiktif(ketagihan), dan mereka yang menghentikan penggunaannya secara tiba-tiba dapat mengalami gajala putus zat tersebut, termasuk sakit kepala,mudah marah, letih dan lemah. Itulah sebaiknya anda menghentikan penggunaan kafein secara bertahap. Dimulai dengan menguranginya sampai dua cangkir sehari (diminum bersama makanan untuk menetralkan efeknya bagi tubuh) selama beberapa hari. Kemudian, setelah anda menyesuaikan dengan dua cangkir sehari , tiap kali kurangi dengan seperempat cangkir, sampai akhirnya anda berhanti sama sekali. Atau secara bertahap campurlah kopi utuh dengan kopi yang telah dihilangkan kafeinnya, sampai cangkir anda bebas dari kafein.

Jika anda menginginkan rasa dari kopi”biasa”,anda dapat menggantikannya dengan mengkonsumsi kopi yang telah dihilangkan kafeinnya dengan kualitas yang baik. Gejala putus kafein akan lebih ringan dan mudah ditangani jika anda meningkatkan anjuran untuk meningkatkan energi sebagai berikut :

v  Menjaga kadar gula darah sehingga menjaga tenaga. Sering makan dengan porsi yang kecil, makanan yang mengandung banyak protein dan karbohidrat kompleks. Dan pastikan anda mengkonsumsi vitamin.

v  Setiap hari lakukan senam hamil yang benar, jika mungkin lakukanlah diudara terbuka.

v  Pastikan anda cukup tidur sehingga memudahkan anda untuk tidak mengkonsumsi kafein.
http ://www. Google.com.
Murkoff, Heidi dkk. “Kehamilan : apa yang anda hadapi bulan perbulan”. Jakarta : Arcan,2006. Cetakan I.

No comments:

Post a Comment